Monday, October 29, 2012

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara menghilangkan jerawat di punggung. Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut acne vulgaris adalah keradangan dari kelenjar penghasil lemak (minyak atau sebum) pada kulit. Kelenjar itu bermuara pada folikel rambut. Jerawat umumnya timbul saat pubertas (usia 10-13 tahun), ketika kelenjar penghasil lemak (kelenjar sebacea) menjadi aktif oleh rangsangan hormon androgen.

Jerawat di Punggung 

Wajah, leher, dada, punggung mengandung banyak kelenjar sebacea, sehingga daerah-daerah tersebut adalah yang paling sering terkena. Untuk penanganan jerawat di punggung, langkah pertama adalah membersihkan secara baik dan teratur. Tujuannya untuk menghilangkan minyak yang berlebihan, kotoran, kuman dan sel-sel mati di permukaan kulit tanpa menimbulkan iritasi atau kekeringan pada kulit. Pembersihan dilakukan 2-3 kali per hari.

Bila kondisi jerawat ringan, cukup berikan obat topikal (obat oles) saja, dan karena area punggung ini luas, biasanya diguakan sediaan berupa lotion untuk memudahkan pengolesan. Bila kondisinya parah, bisa ditambahkan obat oral (diminum).

Jika anda gemar olahraga yang mengharuskan punggung atau badan terbuka seperti berenang, maka bersihkan kotoran atau bahan kimia (kaporit) yang mungkin menempel dikulit dengan pembersih yang pH-nya netral atau mendekati pH kulit normal (5-6).

Ada baiknya, sebelum berenang oleskan tabir surya ke seluruh wajah dan bagian tubuh yang tak tertutup. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, yang bersifat waterproof (tahan air). Itulah sedikit tips mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung beserta upaya preventifnya.

Judul: Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jacklin Comboy

Posted by: Jacklin
HealthCareLink, Updated at: 10:07 PM

Ditulis Oleh : Jacklin Comboy // 10:07 PM
Kategori:

0 comments:

 

Blog Archive

Powered by Blogger.