Sunday, October 28, 2012

Perbedaan Serat Larut dan Tidak Larut Air

Perbedaan Serat Larut dan Tidak Larut
Tadi kita sudah bahas manfaat serat makanan bagi tubuh, sekarang kita akan memerinci pembahasan mengenai apa itu serat larut dan tidak larut dalam air. Seperti yang kita ketahui bahwa serat dibagi menjadi dua jenis. Yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Masing-masing memiliki spesifikasi dan manfaat sendiri-sendiri seperti berikut ini:

Serat Larut Air

Serat larut air akan ikut dalam aliran darah, dan bersifat slow release atau dilepaskan pelan-pelan.Sebagai contoh, serat larut air didapatkan dari karbohidrat kompleks. Hasil mebolisme karbohidrat adalah gula dalam darah. Gula dalam darah itu akan dilepaskan pelan-pelan dalam tubuh.

Karena ikut dalam aliran darah, serat larut air ini memiliki kontribusi untuk membersihkan dinding pembuluh darah, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kolesterol.

Serat Tidak Larut Air

Serat tidak larut air memiliki beberapa manfaat. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

    Serat tidak larut air mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Saat masuk ke dalam lambung, serat tidak larut air bersifat seperti busa yang bisa mekar kalau terkena air. Nah, karena itulah, serat tidak larut air akan memenuhi lambung sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

    Karena mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama, hal itu membuat seseorang jarang makan atau ngemil. Sehingga mengonsumsi serat tidak larut air mampu membantu program penurunan berat badan dan menjaga tubuh tetap langsing.
  2. Mencegah Wasir

    Serat tidak larut air bersifat seperti busa yang bisa mekar kalau terkena air. Artinya, serat tidak larut air mampu menyerap banyak air. Hal itu membuat massa tinja tidak terlalu keras, sehingga mencegah terkena wasir.
     
  3. Melancarkan BAB

    Manfaat lain dari serat tidak larut air adalah melancarkan buang air besar atau BAB. Sebab, serat tidak larut air masuk ke usus, serat tersebut akan mengisi rongga-rongga usus sehingga mampu melancarkan BAB.
     
  4. Membersihkan Usus Besar

    Serat tidak larut air mampu melancarkan BAB, sehingga toksin atau zat-zat beracun di dalam usus besar bisa diminimalkan. Hal itu membuat serat tidak larut air mampu membantu membersihkan kolon atau usus besar.
     
  5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

    Serat jenis ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab, serat tidak larut air merupakan makanan bagi bakteri baik yang terdapat dalam sistem pencernaan. Sistem kekebalan manusia berporos dari perut. Sebab, perut selalu bersentuhan dengan bakteri-bakteri dari luar melalui makanan. Jika perut sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik.
     
  6. Mencegah Kanker

    Serat tidak larut air memiliki peran untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal itu membuat tubuh mampu melawan radikal bebas. Ditambah dengan kondisi usus besar yang bersih sehingga kontak dengan toksin minimal, hal itu memuat pertumbuhan sel kanker bisa dihambat.

Itulah beberapa perbedaan serat larut dan tidak larut dengan air yang tadi telah dibahas beserta manfaatnya. So, keep healthy inside..

Judul: Perbedaan Serat Larut dan Tidak Larut Air
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jacklin Comboy

Posted by: Jacklin
HealthCareLink, Updated at: 6:22 AM

Ditulis Oleh : Jacklin Comboy // 6:22 AM
Kategori:

0 comments:

 

Blog Archive

Powered by Blogger.