Friday, November 2, 2012

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Membedakan Madu Asli dan Palsu
Cara membedakan madu asli dan palsu. Madu pada dasarnya adalah cairan lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu banyak macamnya, bergantung bunga yang jadi sumbernya.

Madu yang banyak dijual di pasaran saat ini mayoritas merupakan madu campuran dari dua atau lebih jenis madu yang berbeda, baik dalam rasa, warna, tempat maupun asal bunga. Meski bisa berasal dari berbagai bunga, satu ciri utama madu yang umum adalah warnannya yang keemasan, teksturnya yang kental, dan rasanya yang manis.

Sayangnya, saat ini banyak juga dijual madu yang sudah dicampur dengan bahan lain, seperti air, gula, atau bahan-bahan lainnya yang tidak diketahui. Madu seperti itu tentu justru berbahaya bagi kesehatan. Memang sangat sulit membedakan madu asli dengan yang palsu, selain dengan menguji di laboratorium bahan makanan. Namun, untuk meminimalkan kemungkinan membeli madu palsu, berikut ini tips bagi sobat HealthCareLink yang bisa diterapkan:
  1. Perhatikan Merek dan Label
    Meski tidak menjadi jaminan, madu dengan merek dan label ternama lebih terpercaya dibanding madu dengan merek dan label kurang terkenal, apalagi jika labelnya seadanya.
    Biasanya bedanya ada di harga. madu yang dijual dengan harga murah, sudah tidak bisa dipercaya keasliannya. Sebab, proses menemukan tawong hingga menghasilkan madu butuh waktu lama, sehingga madu asli akan dijual dengan harga mahal.
  2. Perhatikan Kekentalan
    Madu yang terlalu kental dan terlalu encer bisa dikatakan palsu. Itu memang bukan jaminan, tapi secara teori, madu yang dihasilkan tawon tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  3. Tidak Dikerubungi Semut
    Madu Asli banyak mengandung fruktosa. Nah, fruktosa itu kurang disukai semut. Karena itu, madu asli tidak akan dikerubungi semut. Beda dengan madu yang sudah mengandung glukosa, seperti gula atau bahan manis lainnya.
  4. Tes dengan Api
    Cara lain untuk mengetahui asli tidak nya madu, yaitu dengan membakar bagian bawah sendok yang berisi madu. Madu palsu yang mengandung campuran air dan gula, akan mendidih dan kemudian menjadi karamel atau warnannya berubah jadi kecokelatan bila dibakar. Sedang madu asli tidak akan mendidih dan tidak berubah warnanya.

Demikian tips mengenai cara membedakan madu asli dan palsu agar nantinya sobat tidak tertipu dengan madu aspal atau campuran. Semoga bermanfaat.

Judul: Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jacklin Comboy

Posted by: Jacklin
HealthCareLink, Updated at: 5:43 AM

Ditulis Oleh : Jacklin Comboy // 5:43 AM
Kategori:

0 comments:

 

Blog Archive

Powered by Blogger.