Thursday, November 1, 2012

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Hamil

Untuk mendapatkan kembali tubuh langsing seperti sedia kala tentu jadi dambaan para ibu setelah melahirkan. Umumnya ibu akan mengalami kenaikan BB hingga 15 kilogram selama hamil, dan hanya kehilangan 5-6 kilogram saja setelah melahirkan.

Nah, tentu saja kenaikan berat badan setelah hamil ini sangat mengganggu. Namun tahukah anda salah satu faktor utama yang dapat membantu menurunkan BB secara alami setelah melahirkan adalah menyusui?

Menyusui membantu menurunkan BB, asal diimbangi pola makan yang baik. Produksi ASI dan menyusui adalah proses yang membutuhkan banyak energi, sehingga aktifitas itu mampu membakar kalori 200-500 kalori per hari.

Namun demikian, jika mengandalkan proses menyusui tentu tidak cukup. Ibu tetap harus mengatur pola makan dengan baik, dan mulai berolahraga teratur untuk menurunkan BB dan membentuk tubuh agar langsing.

Atur Pola Makan

Pola makan adalah salah satu aspek penting dalam keberhasilan program diet pasca-melahirkan. Mulailah makan lebih sering, yaitu 5-6 kali dalam sehari, yang terbagi jadi tiga kali makan utama dan 2-3 kali snack. Pemilihan makanan sehat tak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan penurunan BB ibu, tapi juga untuk bayi yang diberikan melalui ASI.

Pilih karbohidrat sehat dalam jumlah cukup, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, singkong, atau sayur dan buah-buahan ketimbang nasi putih, mie, pasta, cake, cracker, es krim dan lainnya. Selain kaya serat, sayuran dan buah juga kaya vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan ibu menyusui.

Tambahkan asupan protein dengan mengonsumsi lebih banyak dada ayam, ikan, telur, daging, tempe, tahu, kacang-kacangan atau susu whey protein. Protein dibutuhkan untuk membantu memperbaiki metabolisme tubuh ibu agar pembakaran lemak tubuh berlebih makin banyak, serta untuk memenuhi kebutuhan protein ibu yang tinggi setelah melahirkan dan selama menyusui.

Untuk pengolahannya, sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng, disantan, atau dimasak terlalu manis untuk mencegah penimbunan lemak lebih banyak ke tubuh ibu.

Olahraga

Setelah itu, mulailah berolahraga teratur. Anda bisa memulai dengan jalan cepat, jogging, bersepeda, atau olahraga lain dalam kondisi perut kosong. Misalnya setelah bangun tidur atau sebelum sarapan, maupun di sore hari. Itu adalah saat tepat untuk membakar lemak tubuh secara efektif.

Lakukan latihan 30-60 menit. Jika anda sudah dinyatakan sehat dan tidak ada komplikasi pasca-melahirkan sebaiknya anda juga mulai berlatih beban. Entah menggunakan alat sederhana seperti dumbbell, bola latihan dan sebagainya atau tanpa menggunakan alat (bodyweight training) yang bisa dilakukan di rumah. Semoga tips mengenai cara menurunkan berat badan setelah hamil ini membantu anda.

Judul: Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Hamil
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jacklin Comboy

Posted by: Jacklin
HealthCareLink, Updated at: 3:32 AM

Ditulis Oleh : Jacklin Comboy // 3:32 AM
Kategori:

0 comments:

 

Blog Archive

Powered by Blogger.